Filipina Izinkan TNI Operasi Darat di Pulau Weh

Filipina Izinkan TNI Operasi Darat di Pulau Weh
Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu. (Dok. Sindo).
Pemerintah Filipina telah mengizinkan militer Indonesia untuk melakukan operasi darat mengejar kelompok bersenjata Abu Sayyaf. Namun, operasi darat hanya boleh di wilayah tertentu.

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan, operasi darat oleh militer Indonesia juga dibatasi tidak termasuk untuk wilayah yang ditandai sebagai markas kelompok bersenjata Abu Sayyaf.
"Operasi darat sudah dilakukan di pulau Weh itu. Itu operasi darat‎," ujar Ryamizard di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (23/8/2016).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menambahkan, operasi pembebasan WNI yang disandera kelompok bersenjata Abu Sayyaf masih dikendalikan militer Fipilina. Sedikitnya, 10 ribu pasukan militer Filipina dikerahkan untuk mengejar kelompok bersenjata Abu Sayyaf.

Dia mengungkapkan, wilayah pulau Basilan dan Sulu masih menjadi operasi militer Filipina. Alasannya, dua wilayah ini tempat bersarangnya kelompok Abu Sayyaf. 
"Kalau kita ikut ke sana aparat kita bisa salah tembak. Kita monitor kalau seandainya diperlukan untuk menutup," tandasnya.

0 Response to "Filipina Izinkan TNI Operasi Darat di Pulau Weh"

Posting Komentar